Menurut Kamus Besar Bahasa Inggris, perusahaan jasa adalah perusahaan yang produk usahanya berupa jasa bukan barang, misalnya pariwisata, pelayanan, dan sebagainya.
Menurut Phillip Kotler, perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan produk yang bersifat tidak berwujud tetapi manfaatnya dapat dirasakan. Transaksi di perusahaan jasa tidak ada perpindahan kepemilikan.

Menurut William J. Stanton, perusahaan jasa adalah perusahaan yang tugasnya menjual jasa yang tidak memiliki wujud konkret. Jasa di sini ditawarkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Dengan demikian, pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual jasa sebagai produknya.

Contoh perusahaan jasa adalah jasa ojek online, laundry, fotocopy, tukang jahit, perawat, dan pengasuh anak.

Contoh perusahaan jasa
Dikutip dari laman Gramedia Blog, contoh perusahaan jasa di Indonesia yang juga terdaftar di Bursa Efek Indonesia, di antaranya:

•Contoh perusahaan jasa di bidang properti dan real estat: PT Agung Podomoro Land Tbk, PT Alam Sutera Reality Tbk, PT Bekasi ASri Pemula Tbk, PT Bumi Citra Permai Tbk, PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk, dan lain-lain.

•Contoh perusahaan jasa di bidang konstruksi dan bangunan: PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Totalindo Eka Persada Tbk, PT Total Bangun Persada Tbk, dan lain-lain.
Contoh perusahaan jasa di bidang telekomunikasi: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Indosat Tbk.

•Contoh perusahaan jasa di bidang kesehatan: PT Mitra Keluarga Kaya Sehat Tbk, PT Prodia Widyahusada Tbk, dal lainnya.

•Contoh perusahaan jasa di bidang hotel, restoran, dan pariwisata: PT Bayu Buana Tbk, PT Fast Food Indonesia, PT Bukit Uluwatu Villa Tbk, dan lainnya.

•Contoh perusahaan jasa di bidang keuangan: PT Bank BCA Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Jabar Banten Tbk, dan lainnya.

•Contoh perusahaan jasa di bidang infrastruktur, utilitas, dan transportasi: PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Rukun Raharja Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan lainnya.

Ciri-ciri perusahaan jasa
Melihat pengertian dan contoh perusahaan jasa di atas, maka dapat diketahui ciri-ciri perusahaan jasa adalah:

Menjual jasa sebagai produk utama.
Tidak menyediakan produk dalam bentuk barang.
Hasil dari pembelian produk jasa tidak dapat disamakan dengan yang dirasakan setiap konsumen.

Tidak memiliki standar harga yang umum.
Tidak ada kepemilikan barang oleh konsumen.
Tidak ada persediaan barang yang harus diurus perusahaan.

Kesimpulannya, perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang menjual jasa sebagai produknya, bukan barang. Contoh perusahaan jasa mudah ditemui di kehidupan sehari-hari dengan ciri-ciri perusahaan jasa tidak menyediakan produk berupa barang.

Dalam proses pengiriman barang menggunakan jalur darat, kamu dapat memilih 2 jenis layanan yang ditawarkan, antara lain:

• Less Than Container Load atau yang disingkat LCL. Layanan ini dapat Anda gunakan jika barang yang akan dikirim jumlahnya tidak memenuhi dari total isi / volume kontainer

• Layanan yang satu ini bisa juga disebut dengan layanan pengiriman barang antar pulau karena dapat mengantarkan barang dari pulau 1 dan pulau lainnya. Atau bisa juga digunakan untuk mengirimkan barang dari 1 negara ke negara lainnya.

Pengiriman barang melalui kurir
Ini adalah salah satu layanan yang paling sering digunakan, karena biasanya barang yang digunakan cenderung ringan, seperti dokumen atau yang lainnya, yang harus dikirim dalam waktu cepat.

Manfaat Jasa Pengiriman Barang

Setiap toko online yang menjual produk untuk berbagai daerah, tentunya sangat terbantu dengan adanya berbagai jasa pengiriman yang kini banyak tersedia. Beberapa manfaat jasa pengiriman barang yang sangat penting untuk toko online adalah sebagai berikut:

1..Waktu Lebih Efisien
Keuntungan yang paling penting dalam menggunakan jasa pengiriman adalah efisiensi waktu. Artinya, barang yang dikirim akan cepat sampai ke konsumen. Bagi Anda yang menjalankan toko online, waktu sangat berharga karena dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan lain

2. Dapat mengirim barang dengan ukuran besar dan banyak

Keberadaan cargo atau jasa ekspedisi pengiriman barang membuat kita bisa mengirim banyak barang dalam ukuran yang besar atau dengan jumlah yang banyak. Melalui jasa ini, pihak pengirim dapat mengirimkan barangnya dengan mudah untuk disampaikan kepada pelanggan.

3. Barang lebih cepat sampai ke tujuan

Melalui jasa kirim barang, barang yang dikirim akan lebih cepat sampai ke tujuan. Dimanapun tujuannya, pihak ekspedisi akan mengantar barang tersebut sesuai waktu yang telah ditentukan. Jauh dan dekatnya lokasi memiliki pengaruh pada ongkos pengiriman yang harus dibayar.

Jasa pengiriman sendiri ada yang biasa dan ada juga yang ekspres. Bagi anda yang ingin barang lebih cepat sampai ke pihak penerima, bisa memilih pengiriman ekspres namun dengan biaya yang lebih mahal.

4. Bisa mengirim barang sesuai yang dibutuhkan

Keuntungan lain menggunakan jasa ekspedisi adalah dapat mengirim barang sesuai dengan kebutuhan. Jumlah pengiriman barang biasanya tidak menentu karena tergantung dengan pesanan. Jika anda mengirim barang sedikit dengan lokasi yang jauh biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit.

Berbeda jika anda menggunakan jasa ekspedisi. Mengirim barang lewat jasa ini akan lebih hemat karena ditimbang sesuai dengan berat barang yang dikirim.

5. Hemat dalam hal waktu

Menggunakan jasa pengiriman barang membuat anda bisa mengirim barang dengan cepat tanpa harus turun tangan sendiri. dengan demikian, anda bisa memanfaatkan waktu secara lebih efektif untuk kegiatan lain yang perlu dilakukan.

Ketika anda memilih untuk mengirim barang sendiri, waktu akan tersita untuk mengirim barang ke konsumen atau pihak penerima. Menggunakan jasa ekspedisi mempersingkat waktu anda dengan cara pengiriman yang mudah dilakukan.

6. Mudah dilakukan

Pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Orang yang menggunakan jasa ini umumnya adalah mereka yang menggeluti dunia wirausaha, jual beli secara online, eksport dan import.

Ketika konsumen ingin membeli barang dari produsen, kebanyakan dari mereka akan menggunakan jasa ekspedisi untuk mendatangkan barang yang dipesan kepada juga secara cepat dan tepat kepada konsumen.

Keberadaan cargo tentu sangat membantu terlebih bagi anda yang ingin mengirim barang ke lokasi yang jauh entah dalam ataupun luar negeri menggunakan jalur darat, laut hingga udara.